Minggu, 27 Juni 2010

10 Karya Seni Telanjang Termahal di Dunia

Yang namanya barang seni banyak banget yang menampilkan gambar atau bentuk telanjang, yang mengharankan, dibawah ini adalah berbagai barang seni (kebanyakan sih lukisan ya) yang menunjukkan gambar telanjang, masalahnya harganya selangit banget bo... dan udah gitu...

Ya intinya mau ga loe beli karya seni kaya gini? (kursnya pake 10 rebu per 1 Dollar Amrik)

No.10 - Nu assis sur un divan (la belle Romaine), karya Amedeo Modigliani
Harga: 168 Milyar Rupiah

Amadeo Modigliani adalah seniman Italia yang hodup di awal abad 20 ini. Seperti seniman lain, terlibat dalam berbagai dunia gelap yang akhirnya memiliki nasib buruk, harus meninggal di usia muda, 35 tahun. Lukisan yang diciptakan pada 1919 ini menampilkan wanita dengan pakaian yang di jaman ini seperti thong. Gaya melukisnya unik dan susah masuk ke dalam kategori yang sudah ada.


No.9 - Les Femmes d’Alger (J), karya Pablo Picasso
Harga: 186 Milyar Rupiah

Picasso menempatkan karyanya di nomor 9. (J) di belakang judulnya itu adalah tanda bahwa lukisan ini adalah satu dari sekian versi dari konsep yang dibuatnya untuk lukisan yang sama. Versi J ini adalah versi termahal dari semua karya yang judulnya sama.


No.8 - Eve, grand modele-version sans rocher, karya Auguste Rodin
Harga: 190 Milyar Rupiah

Patung ini adalah salah satu karya dari maestro patung terbesar di dunia, Auguste Rodin. Kisah dibelakang patung ini unik, awalnya 'Eve' ini dibuat ukuran besar, sebagai teman patung 'Adam' karya Rodin. Tapi entah kenapa tidak pernah selesai. Akhirnya salah satu murid Rodin jatuh cinta kepada model patung 'Eve' dan akhirnya menikah dengan model tersebut.


No.7 - Naked Portrait with Reflection, karya Lucien Freud
Harga: 235 Milyar Rupiah

Lucien adalah seniman kontemporer, dan lukisan ini dibuat pada 1980, lukisan cat minyak diatas kanvas. Pantulan (reflection) yang dimaksud adalah gambar sepasang kaki di belakang sofa, yang dipercaya adalah kaki milik Lucien sendiri.


No.6 - Nu au Collier, karya Pablo Picasso
Harga: 240 Milyar Rupiah

Karya ini tersembunyi selama 60 tahun lamanya, sebelum akhirnya dilelang pada 2002. Karya ini diselesaikan pada 1930an pada puncak hubungan Picasso dengan Marie-Therese Walters, selingkuhannya.


No.5 - Nu Couche de Dos, karya Amedeo Modigliani
Harga: 269 Milyar Rupiah

Harga lukisan ini menembus rekor bagi karya seni buatan Modigliani, dan dianggap sebagai salah satu karya seni terindah buatan Modigliani


No.4 - Les Femmes d’Alger (O), karya Pablo Picasso
Harga: 320 Milyar Rupiah

Salah satu karya lain Picasso yang muncul dengan beberapa versi sekaligus. Versi O dari Les Femmes d’Alger adalah lukisan termahal dalam seri ini. Karya ini terjual pada 1997 dan harganya melebihi prediksi banyak orang.


No.3 - Benefits Supervisor Sleeping, karya Lucien Freud
Harga: 336 Milyar Rupiah

Lukisan ini dibuat pada 1995, dan diangap sebagai karya terbaiknya di era 1990an. Lukisan ini unik karena tidak mengikuti standar 'cantik' yang ada.


No.2 - Study of Nude with Figure in a Mirror, karya Francis Bacon
Harga: 397 Milyar Rupiah

Beberapa saat setelah meninggal pada 1992, lukisan ini 'hanya' berharga 10 Milyar Rupiah saja, tapi semakin lama, harganya meningkat gila-gilaan.


No.1 - Nude in a Black Armchair, karya Pablo Picasso
Harga: 451 Milyar Rupiah

Pablo Picasso memang pelukis handal, hampir semua karyanya selalu masuk dalam daftar terbaik dan termahal. Lukisan ini dibuat pada 1932, dan sejak 1999 menjadi lukisan telanjang termahal di dunia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar